Tips Baterai Laptop Agar Tidak Gampang Bocor dan Tidak Gampang Rusak

Dalam dunia maya kita harus menghemat mungkin. dan misalnya kita menghemat baterai laptop agar tidak bocor dan tidak gampang rusak gan. yg perting dari artikel di bawah ini gan adalah menjaga kebersihan dan selalu di istirahatkan laptop anda :)

Tips Baterai Laptop Agar Tidak Gampang Bocor dan Tidak Gampang Rusak:

1. Jangan Biarkan Baterai Sampai Kosong 0%
Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Sebelum baterai habis, charge baterai tersebut sampai penuh 100%. Pengguna laptop dapat melakukan setting laptop mati sebelum baterai kosong di bagian Power Options (Pojok kanan bawah).

2. Atur Power Baterai
Jika ingin baterai lebih awet, ane saranin agan untuk memilih 'Max Battery' pada Power Option (Control Panel). Control Panel\Hardware and Sound\Power Options Pilihan ini akan menghemat penggunaan daya baterai karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor minimal semisal untuk membaca dokumen atau mengecek e-mail. Tetapi sebagai akibatnya dari pilihan Max Battery adalah kecepatan laptop dalam arti performa laptop akan menurun. Untuk tips satu ini sesuai selera agan saja, tergantung pemakaian agan.

3. Hindarilah Suhu Ekstrem
Baterai laptop sensitif dengan perubahan suhu, maka hindari suhu yang terlalu panas atau dingin. Hindari baterai laptop terkena terik sinar matahari atau sumber panas lainnya. Sebaiknya laptop yang berisi baterai tidak diletakkan di dalam mobil yang terkena langsung panas matahari. Gunakan cooling pad saat laptop digunakan dalam jangka waktu lama agar baterai tidak panas. Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Karena itu pastikan laptop mendapat ventilasi (aliran udara) yang cukup saat digunakan. Selain itu, hindari untuk menyimpan laptop di kasur, karpet dan meja kaca karena panas yang dikeluarkan oleh Laptop tidak dapat diserap sehingga sirkulasi tidak bisa berjalan dengan baik.

4. Jangan Terlalu Sering Memasang/Melepas Baterai
Sebaiknya jangan melepaskan baterai walaupun agan merasa akan bekerja lama dengan laptop. Jika agan melepas baterai dan langsung menggunakan listrik, dikhawatirkan apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,motherboard,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Apabila ingin menggunakan Laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya menggunakan Colling Pad (kipas pendingin Laptop) sehingga ada sirukulasi dan bisa sedikit meredam panas dari baterai beserta perangkat Laptop.

5. Atur Kecerahan Layar
Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Perlu diketahui bahwa semakin terang layar agan, maka akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Atur brightness layar laptop agan ke posisi yang lebih redup, setidaknya asalkan agan tetap nyaman melihatnya.

6. Kurangi Perangkat Eksternal Yang Tidak Perlu
Kurangi penggunaan device seperti USB Flash Drive dan perangkat eksternal lainnya secara berlebihan, termasuk Wi-Fi dan semua perangkat keras jika tidak terlaku dibutuhkan. Lepas atau non aktifkan jika perangkat eksternal tersebut tidak terpakai. Sebaiknya eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai. Jika tetap terpasang hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop.

7. Hindari Penggunaan Aktivitas Multimedia
Jangan menonton video atau mendengarkan musik langsung dari DVD/CD, dikarenakan aktivitas ini sangat banyak mengonsumsi daya baterai. Jika mau mendengarkan musik, gunakan pemutar musik portabel, seperti iPod, atau salin video yang ingin ditonton ke dalam hardisk terlebih dahulu baru ditonton. Jika langsung memutar dari CD dan DVD akan membutuhkan daya yang besar bahkan ketika mereka tidak aktif untuk digunakan.

8. Hindarilah Multitasking
Jangan memberikan perintah berlebihan pada laptop agan. Karena perintah berlebihan akan membuat baterai laptop cepat habis Usahakan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus ketika bekerja menggunakan baterai. Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan/dibuka maka akan semakin besar daya baterai yang dikonsumsi. Lakukan proses pada aplikasi yang kita butuhkan saja.

9. Rajinlah Membersihkan Ventilasi
Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa dibeli di toko komputer. Ikuti petunjuknya dan pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum dibersihkan. Ini menjaga agar tidak ada penumpukan debu pada ventilasi laptop.

10. Kurangi beban CPU
Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas dengan bijaksana.
Previous
Next Post »

27 komentar

Click here for komentar
Dhimas blog
admin
19 Juni 2013 18.10 ×

thanks gan infonya, beguna bnget ni

Reply
avatar
imam mamen
admin
19 Juni 2013 18.44 ×

thanks infonya gan :)
sch-xp.blogspot.com

Reply
avatar
Lionel Dandy
admin
19 Juni 2013 18.51 ×

terimakasih banyak infonya gan..

Reply
avatar
BudiNusa
admin
19 Juni 2013 19.40 ×

Yang penting baterai jangan sering dilepas karena akan cepat rusak

Reply
avatar
19 Juni 2013 20.07 ×

wah ngeri jg ya gan kl smpe bocor. tambel pake nodrop.. :D

come back..

Reply
avatar
19 Juni 2013 22.37 ×

makasih artikelnya , sangat bermanfaat sob :)
back yah

Reply
avatar
Dunia Simbah
admin
20 Juni 2013 12.04 ×

condiser replacing your battery...dah bocor kan ini

Reply
avatar
20 Juni 2013 12.06 ×

pake software bisa gag biar batere awet??

Reply
avatar
DS-Blog
admin
22 Juni 2013 09.36 ×

mantab mas tipsnya, gw ikuti cara diatas sob.
comment back ya..

Reply
avatar
22 Juni 2013 11.15 ×

mantap nih tipsnya
slam dari http://den-ino.blogspot.com/

Reply
avatar
Rizal ical
admin
22 Juni 2013 19.54 ×

Wah makasih gan, yang terpenting biar baterenya tahan lama aja....comen back yah!

Reply
avatar
23 Juni 2013 17.08 ×

iya itu dah bocor harus di ganti :)

Reply
avatar
12 Agustus 2013 09.10 ×

Update Terbaru . . " Pertemuan Dengan Mantan Tersayang " Click That Link => http://mafiavent.blogspot.com/2013/08/pertemuan-dengan-mantan-tersayang.html

Dan Bila Mau Template Blogger gratis ke => www.mafiasitez.blogspot.com Hasil Re-Design Sendiri :) Thanks Sob

Reply
avatar
barodast
admin
12 Agustus 2013 22.33 ×

gitu ya caranya pantesan netbook ane cepet low... thx ilmuny kang..

Reply
avatar
5 Oktober 2013 19.28 ×

jadi kalo mau dipkenyalama gak ush dicopot batrenya ckup pke kipas anginnya aja ?

Reply
avatar
5 Oktober 2013 19.28 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
nur huda
admin
6 Desember 2013 15.51 ×

baik tidak menggunakan laptop sambil di cas terus

Reply
avatar

Thank you buat komennya. Syahrul-TKJ adalah Blog DoFollow . silahkan gunakan Nama/Url untuk promosikan blog anda.Jangan masukkan http dan www dalam Komen. No Spam No Sara No Promo Berlebihan No LiveLink dalam komen ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment